Berita Terkini

Menu

KHUTBAH IDUL FITRI 1437 H Oleh : Jumadi, S.PdI



pkslangkat - (05/07/2016) “MEMAKNAI IDUL FITRI, MERAIH KEMENANGAN SEJATI”


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ  (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) 
الله أَكْبَرُ كَبِيْرًا, وَالحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْراً, وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاَ, لاَإِلهَ إِلاَّالله وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ. لَاإِلهَ إِلاَّالله وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيّاَهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ المُشْرِكُوْنَ  وَلَوْكَرِهَ الكاَفِرُوْنَ وَلَوْكَرِهَ المُناَفِقُوْنَ. الحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ حَرَّمَ الصِّياَمَ أَيّاَمَ الأَعْياَدِ ضِياَفَةً لِعِباَدِهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّالله لاَشَرِيْكَ لَهُ الَّذِيْ جَعَلَ الجَّنَّةَ لِلْمُتَّقِيْنَ.  وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَناَ وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ االداَّعِيْ إِلىَ الصِّراَطِ المُسْتَقِيْمِ . اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلىَ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنَ. أَماَّ بَعْدُ:  فَيَااَيُّهَا الْعَائِدُوْنَ وَالْفَائِزُوْنَ, أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ. وَاتَّقُوْا الله حَقَّ تُقاَتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ وَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ:
وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَى مَاهَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ. صدق الله العظيم.

Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah.

Setinggi puji sedalam syukur mari senantiasa kita ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan iman, Islam serta kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan ibadah ramadhan, semoga puasa yang kita lakukan benar-benar mengantarkan kita menjadi orang yang bertakwa. Dan hari ini  Allah dengan takdirnya kita dapat berkumpul di Mesjid…….. untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri 1437 H. Shalawat bertangkaikan salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan ‘alam Nabi Muhammad SAW, semoga kita ummatnya dapat meneladani perjuangan beliau dalam membangun peradaban demi kejayaan Islam, dan semoga kita senantiasa mendapat syafa’atnya di Yaumil Mahsyar kelak. Amin yaa rabbal ‘alamin.
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah
Sebagai wujud syukur atas kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, sangat wajarlah kita mengangungkan, membesarkan Allah SWT dengan mengumandangkan  takbir, tahmid, tasbih dan tahlil, sebagaimana kita dengarkan sejak tadi malam hingga pagi ini, semoga kita dapat benar-benar membesarkan Allah SWT dalam realita kehidupan kita, tidak sebatas ucapan dibibir saja. 
Idealnya sebagaimana sering disampaikan, keluar dari Ramadhan  kita kembali fitrah, bagai bayi yang baru lahir, tidak ada noda dan dosa,karena kita telah melaksanakan serangkaian ibadah Ramadhan seperti puasa, qimullail,tilawah quran, zakat fitrah dan lain sebagainya.   maka makna Idul Fitri adalah kembali pada fitrah/kesucian. Lalu pertanyaannya adalah: Dengan apa kita kembali fitri/suci? Apakah kita semua akan kembali suci?
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah
Puasa yang kita jalankan, shalat yang kita dirikan, tilawah Qur’an yang kita lantunkan, zakat yang kita kelurakan, haji dan umrah yang kita tunaikan, semua ibadah yang kita kerjakan, itu semua sarana tazkiatunnafs (pembersihan jiwa) dan hasilnya adalah agar kita menjadi  orang-orang yang beruntung. Allah SWT berfirman: 
                 
Artinya“ Sesungunya beruntunglah orangyang membersihkan jiwanya, dan merugilah orang yang mengotori jiwanya” .(QS.Asy-Syam:9-10)
Dr.Zainal Arifin Zakaria dalam Tafsir Inspirasinya, mengenai ayat diatas beliau menyatakan  “ bahwa manusia itu berhasil atau gagal, makmur atau bangkrut, tergantung pada caranya menjaga jiwanya tetap dalam kebersihan atau merusak”.
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah
Amalan berawal dari apa yang kita pahami, jika salah kita memahami suatu amalan maka tentu kita tidak mendapat hikmah atau manfaat dari amal/ibadah  yang kita lakukan. Idul Fitri setidaknya memiliki empat dimensi, yaitu:
1. Kembali pada kesucian
2. Kembali pada fitrah atau agama
3. Kembali berfutur, diperbolehkan lagi makan dan minum
4. Kembali pada sifat asli manusia menurut asal kejadiannya.

Sudah barang tentu keempat makna diatas selayaknya menjadi pakaian kita tatkala Ramadhan usai. Namun marilah kita khusus mentafakkuri makna Idul Fitri “ kembali pada sifat asli menurut kejadian manusia” dengan harapan, begitu Ramadhan meninggalkan kita, kita betul-betul kembali pada sifat asli menurut kejadian kita. 
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah
Setidaknya Al-Qur’an menyebutkan  lima sifat asli manusia

1. Manusia Makhluk Beragama:
Allah  SWT berfirman:
“Dan ingatlah ketika Tuhanmu  mengeluarkan keturunan anak adam  dari sulbi mereka  dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman )” Bukan Aku ini Tuhanmu ? mereka menjawab: betul (Engakau Tuhan kami). Kami menjadi bersaksi (Kamai lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan” Sesungguhnya  ketika itu kami lengah terhadap hal ini."(QS. Al-A’raf :172).
Konsekuensi dari perjanjian ini adalah menepatinya. Artinya manusia harus mentaati Allah SWT, beribadah kepadanya, jangan sampai ketika dunia ini melupakan  Allah, karena di alam ruh kita telah berjanji dan mengakui Allah sebagai Rabb kita, segabaimana  ayat diatas. Bahkan kita telahmenyatakan dalam sholat kita:
“Sesunggunya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah Tuhan  Semesta Alam”(QS. Al-An’am:162)

Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah

2. Manusia Makhluk Yang Suci
Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya menyataakan setiap ana dilahirkan dalam keadaan suci, bapak ibunyalah yang menjadikan ia nasrani, yahudi atau majusi. Manusia juga nanti ketika  kembali kepada Allah harus dalam keadaan suci, Firman Allah SWT:                        
“ Dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan, yaitu pada hari (ketika) harta dan anak-anak tidak berguna, kecuali orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih “ (QS. Asy-Syu’ara’:87-89).
Semoga kita dapat senantiasa memelihara nilai-nilai kesucian tersebut.
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah

3. Makhluk Bersusila/Berahklak
Rasulullah SAW diutus oleh Allah guna menyempurnakan akhlak, dan beliau sendiri telah mencontohkan kepada kita  akhlaknya yang agung sehingga di abadikan oleh Allah SWT di dalam Al-Quran “ Wainnaka la’aala khuluqin ‘azhiim (dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung) ” Puasa Ramadhan mengarahkan pelakunya berpereilaku mulia, orang yang berpuasa dilarang mengeluarkan perkataan keji, dusta, melampiaskan amarah, orang berpuasa diharuskan berperilaku sabar, jujur dan lain sebagainya, jadi puasa adalah sarana pembentukan akhlakuk karimah.
Pasca Ramadhan marih kita terus memperbaiki akhlak dan perangai kita, akhlak kepada Allah dan Rasul, akhlak kepada orang tua, akhlak kepada suami /istri, anak, akhlak kepada tetangga, akhlak dengan yang lebih tua atau yang muda, akhlak kepada lawan jenis, bahkan akhlak kepada hewan dan tumbuhan sesame makhluk hidup harus terus kita perbaiki. Dalam pandangan Rasulullah SAW, akhlak mulia menjadi bukti kemuliaan seorang Muslim. Beliau bersabda: ''Sesungguhnya orang yang paling baik keislamannya adalah yang paling indah akhlaknya.'' (HR.Ahmad).
Dalam sebuah syairnya Bilal mengatakan: Akhlak ialah bunga diri, Indah dilihat oleh mata, Senang dirasa oleh hati, Setiap orang jatuh hati….”
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah

4.Manusia Makhluk Bermartabat Tinggi
Allah SWT berfirman :
“Dan aku tidak membebaskan diriku dari kesalahan, karena sesungguhnya nafsu itu menyuruh kepada kejahatan, kecauali nafsu yang dirahmati oleh Tuhanmu. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Yusuf: 53)
Sesuatu yang meninggikan dan merendahkan derajat manusia adalah hawa nafsunya, jika kita semakin mampu mengendalikan hawa nafsu maka kita semakin memilki martabat tinggi di hadapan Allah SWT, sebaliknya jika dalam diri kita nafsu yang menguasai hati dan akal kita maka derajat kita rendah, bahkan  lebih rendah dibanding hewan sekalipun. Firman Allah SWT:        
“Mareka itu seperti binatang ternak, bahkan lebih sesat lagi”(QS.Al A’raf:179).
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri yang dirahmati Allah SWT"


5. Manusia Makhluk Sosial
Allah SWT Berfirman :
“ Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan  kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal “ (QS. Al-Hujarat: 13).
Sebagai seorang muslim, kita tidak hanya dituntut menjalin hubungan dengan Allah Sang Pencipta, akan tetapi kita juga harus menjalin hubungan dengan sesama manusia, Hablumminallah dengan cara melaksanakan ibadah: shalat, puasa, zakat, haji dsb.   dan Hablimminannas dengan cara menjalin silaturrahim, saling asah asih dan asuh, Hablumminnallah dan Hablumminannas harus kita jaga dengan sebaik-baiknya. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu samalain, saling kenal-mengenal, saling tolong menolong, saling nasehat dan menasehati, bahkan Rasulullah SAW menyataakan dalam haditsnya” manusia yang paling baik adalah manusia yang paling banyak manfaatnya buat orang lain”. KH. Rahmad Abdullah pernah mengatakan “janganlah menjadi manusia yang hanya diingat tanggal lahir dan wafatnya saja, itupun jika dilihat batu nisannya. Tidak ada sumbangsihnya untuk kebaikan ummat dan masyarakat. Selanjutnya pertanyaannya adalah “Sudahkah kita bermanfaat buat keluarga kita? masyarakat kita?, bangsa, negara kita? dan agama kita?” atau sebaliknya kita menjadi sumber masalah  ditengah keluarga dan masyarakat.
Allahu Akbar 3x Walillahilhamd Hadirin Jama’ah Shalat ‘Idul Fitri Rahimakumullah
Sudah menjadi tradisi di Indonesia, jika menjelang Idul Fitri, kita mudik atau pulang kampung, kita persiapkan bekal, pakaian, makanan, oleh-oleh, uang THR dan lain sebagainya untuk orang tua, keluarga sanak saudara. Kita kunjungi sanak saudara untuk bersilaturrahim dan saling bermaaafan. Hal ini merupakan hal yang baik. Tapi sadarkah kita bahwa kita akan Mudik yang sesungguhnya yakni pulang menghadap Sang Khalik Allah SWT, sudahkah kita siap untuk mati? pertanyaan selanjutnya sudahkah kita mempersiapkan bekal?, sudahkah kita mempersiapkan amal ibadah? Sudahkah hidup kita penuh keimanan dan pengabdian kepada Allah? Padahal kita akan melaksanakan perjaulanan yang sangat jauh, menuju kampung akhirat, perlu bekal dan persiapan yang baik. Seperti ada ungkapan “ banyak manusia mempersiapkan segala sesuatu untuk hidup baik, tapi terkadang lupa mempersiapkan bekal untuk mati dalam keadaan baik atau  khusnul kahtimah. Ingat! perjalanan kita sebagai manusia  dari alam ruh, alam rahim, alam dunia, alam kubur dan alam akhirat. Dan semua alam itu akan kita lalui.
Kita ingin kembali nanti mengahadap Allah SWT dengan khustul kahtimah dan dengan jiwa yang tenang, Allah panggil kita wahai jiwa yang tenang sebagaimana firman-Nya :
Yaa ayyatuhannafsul mutmainnah, irji’ii ila rabbiki raadhiayatammardhiyyah, fadkhulii fii i’baadii, wadkhulii jannatii 
“Wahai jiwa yang tenang Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan di ridhai-Nya Maka masuklah kedalam golongan hamba-hambaKu" 
Masuklah ke dalam syurga-Ku “(QS. Al-Fajar: 27-30).

Akhirnya semoga kita di hari yang Fitri ini, bisa memaknai idul ftri dengan sebaik-baiknya  dan kita mendapat kemenangan sejati, dan Kemenangan sejati itu adalah adalah takwa, semoga kita orang yang beriman akan meraihnya, karena sesunggunya Taqwa adalah kemenenangan sejati, taqwa adalah buah dari ketundudkan dan kepatuhan kita kepada Allah, dan Takwalah sebagi bekal kita,  ketika kita menghadap Allah SWT.

.بَارَكَ الله ُلِيْ وَلَكُمْ فِيْ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنيِ  وَاِيّاَكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الذِّكْرِ الحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ (Sekum DPD PKS Langkat)

Share This:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " KHUTBAH IDUL FITRI 1437 H Oleh : Jumadi, S.PdI "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM